Sabtu, 08 Maret 2008

Diskusi Terbatas ICMI

Jum'at tanggal 7 Maret 2008, saya di undang untuk hadir di acara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Cimahi, ada acara diskusi terbatas yang berkaitan dengan masalah hukum. Menarik sekali acara tersebut karena dihadiri oleh banyak kalangan mulai dari Kepolisian, Bawasda, praktisi hukum, ormas, pesantren, LSM, serta perwakilan dari masyarakat.


Menariknya acara ini, tidak seperti lazimnya diskusi yang sering mengedepankan perbedaan pendapat, yang berakhir dengan debat yang tak kunjung selesai, tetapi diskusi ini sangat menumbuhkan sikap persahabatan satu sama lain. Terasa sekali baru pertama kali hadir kok ya rasanya seperti keluarga saja... akrab satu sama lain. Terdengan adzan Ashar diskusi langsung diskors untuk menjalankan shalat ashar berjama'ah.


Dalam membahas satu permasalahan dimulai dari pengantar dari moderator, setiap kalangan ternyata punya interprestasi yang berbeda beda terhadap permasalahan tersebut dan ini menambah wawasan yang luar biasa, selama ini saya merasa benar dengan pengetahuan yang saya miliki, ternyata ilmu saya teramat masih dangkal. Perbedaan ini disinergikan menjadi suatu pernyataan bahwa kita harus berbuat dan membuat sesuatu lebih baik.
-

Tidak ada komentar: